5 Tips Memilih Kitchen Set Terbaik untuk Dapur Anda

Kekuatan SEO – Untuk membuat dapur tetap nyaman digunakan serta enak dipAndang atau estetik, dapur perlu dilengkapi dengan kitchen set. Sebagai salah satu bagian rumah yang vital, dapur harus menjadi tempat yang nyaman selama kegiatan masak-memasak. Karena dari dapur inilah asal muasal berbagai jenis hidangan yang tersedia di meja makan.

Sama seperti menentukan interior bagian lain dari rumah, memilih kitchen set ternyata membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Berbagai pertimbangan muncul. Masalah selera yang tidak bertemu konsep yang ada seringkali menjadi kendala. Beberapa bahkan tidak tahu sama sekali darimana harus memulai.

kitchen set

Memilih Kitchen Set Terbaik untuk Dapur

Daripada bingung dan mengakibatkan keputusan tidak kunjung diambil, Anda sebaiknya mengikuti tips berikut ini.

1. Sesuaikan dengan ukuran dapur

Tips yang pertama adalah sesuaikan dengan ukuran dapur. Anda tentu tidak ingin set yang Anda pilih lebih besar daripada ukuran dapur Anda. Set yang terlalu besar akan menyebabkan dapur Anda terlihat sempit dan penuh. Bisa-bisa, Anda tidak memiliki ruang yang cukup ketika memasak di dapur.

Jika dapur Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, Anda bisa memilih set dengan ukuran minimalis. Namun jika dapur Anda memiliki ukuran yang besar, tidak masalah jika Anda ingin menempatkan set yang besar di dapur. Yang penting, masih tersedia cukup ruang bagi Anda untuk bergerak leluasa selama di dapur.

2. Pilih konsep desain yang Anda inginkan

Yang kedua adalah memilih konsep atau desain yang Anda inginkan. Ada berbagai bentuk dan varian yang ditawarkan. Tidak ada yang membatasi Anda dalam memilih konsep. Pilih saja yang sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Tidak hanya desain atau konsepnya yang perlu diperhatikan, model kitchen set juga harus diperhatikan. Ada set dengan model U, model L, dan set dengan model satu sisi. Set model U cocok digunakan untuk dapur yang tidak terlalu luas. Sedangkan model L cocok dipilih untuk dapur yang luas. Jika dapur Anda luasnya terbatas atau kurang dari 30 meter persegi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan set model satu sisi saja.

3. Pilih material atau bahan yang digunakan

Yang ketiga adalah pemilihan material atau bahan yang digunakan. Pilihlah material yang kuat dan tahan lama meskipun harganya tentu lebih mahal. Beberapa jenis bahan yang bisa Anda pilih diantaranya adalah alumunium, kayu solid, papan partikel, dan plywood. Beberapa desain juga ditambahkan marmer untuk memberi kesan mewah.

4. Pilih warna

Warna juga hal penting yang harus Anda perhatikan. Untuk urusan pemilihan warna, Anda bisa menyelesaikannya dengan warna furniture lainnya di dapur Anda atau dengan warna cat dinding dapur. Anda bisa menggunakan warna yang cerah untuk dapur dengan ukuran minimalis. Atau Anda juga memilih warna-warna ‘aman’ lainnya seperti putih, silver, coklat. Warna hitam juga bisa dipilih bagi Anda yang tidak ingin dapur kotor Anda terlihat jelas.

5. Sesuaikan dengan peralatan yang Anda miliki

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah seberapa banyak peralatan yang akan Anda simpan di dalam kabinet kitchen set. Semakin banyak barang yang Anda miliki, semakin banyak jumlah kabinet yang Anda butuhkan. Jadi, sebelum Anda memilih, sebaiknya inventarisasi dulu peralatan dapur yang Anda miliki.

Nah, itulah lima tips dalam memilih kitchen set untuk dapur Anda. Sebaiknya, Anda tidak hanya mengedepankan selera dan keinginan Anda, melainkan juga mempertimbangkan aspek kenyamanan serta disesuaikan dengan kebutuhan Anda selama bekerja di dapur. Atau jika Anda masih belum yakin dengan pilihan Anda sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan kitchen set. Tidak hanya menerima jasa pembuatan, Anda juga bisa berkonsultasi masalah perabot dapur ini.